Rabu, 04 Agustus 2010

INFO KESEHATAN. 9 Bagian Tubuh Manusia Yang Belum Diketahui Fungsinya

    Manusia merupakan ciptaan tuhan yang paling sempurna. Tak ada satu pun bagian tubuh manusia yang tak ada manfaatnya. Tetapi, meski begitu ada 9 bagian tubuh manusia yang sampai sekarang belum diketahui fungsinya. Mereka adalah :
1) PILICCA SEMILUNARIS atau kelopak mata ketiga
Banyak dari kita yang tak menyadari bahwa kita mempunyai kelopak mata ketiga yang terletak di ujung mata dekat saluran air mata. Ketidaksadaran kita terhadap ini, mungkin lantaran tak diketahui kegunaannya, sehingga kita tak pernah memperhatikannya. Kelopak mata ketiga ini merupakan sisa dari bagian yang disebut nictitating membrane.






2) BULU
  Sejarah mengatakan, manusia di 3 juta tahun yang lalu mempunyai bulu yang jauh lebih banyak dari manusia sekarang. Akan tetapi, seiring dengan berlalunya waktu, bulu-bulu di tubuh manusia semakin berkurang namun masih bersisa. Bulu- bulu ini juga masih menjadi teka-teki apa kegunaannya.







3) SINUS

Sinus yang berada antara hidung dan mata sering menjadi sumber penyakit bagi manusia. Misalkan saja, sering kali sakit kepala disebabkan oleh infeksi sinus. Sampai sekarang para ilmuan masih belum menemukan fungsi dari bagian tubuh kita tersebut.





4) ADENOIDS
Adenoids merupakan kelenjar getah bening yang letaknya tinggi dibagian belakang tenggorokan. Adenoids akan membesar jika terjadi infeksi telinga yang berulang dan dapat mempengaruhi tabung eustachian yang menghubungkan telingan tengah dan bagian belakang hidung. Bahkan pengangkatan adenoids yang disebut dengan adenoidectomy ini bisa membantu anak-anak yang terkena infeksi telinga berulang. Jadi kalo begitu fungsinya apa ya ?....


5) AMANDEL
Hari ke hari, semakin sering kita dengar orang menderita penyakit amandel. Dan memang amadel adalah bagian yang sangat sensitif terhadap pembengkakan dan infeksi. Banyak orang yang mengkonsumsi obat agar amandelnya tidak membengkak, tetapi banyak juga yang membiarkannya hingga membengkak parah yang kemudian amandel tersebut akan diambil oleh dokter THT. Anehnya, setelah amandel tersebut diambil , orangnya masih baik-baik saja.




6) TULANG EKOR
Para ilmuan juga masih belum mengetahui fungsi dari tulang ekor ini. Bahkan ada teori lucu, bagwa tulang ekor ini adalah bagian yang tersisa dari evolusi kita, dimana kita dulunya punya ekor. Tapi ada satu hal penting yang perlu kita ketahui bahwa tulang ekor ini adalah bagian terawet dari tubuh kita. Karena menurut salah satu sumber dikatakan, bahwa dihari kebangkitan nanti, manusia dibangkitkan dari tanah melalui tulang ekornya yang kemudian disempurnakan kembali menjadi tubuh yang utuh seperti sebelumnya. wallaHu Aa'lam...(hanya tuhan yang tahu perkara yang sebenarnya)
7) ERECTOR PILI


Erector pili merupakan otot yang dapat membuat bulu tubuh kita berdiri seperti pada saat kita merinding karena kedinginan ataupun ketakutan. Lalu apa fungsinya kalau bulu kita berdiri ya ?.....












8) WISDOM TOOTH atau di Indonesia dikenal dengan gigi graham bungsu



Gigi ini malah sekarang oleh sebagian dokter gigi disarankan untuk dibuang, karena sumber penyakit. Menurut para dokter gigi, gigi tersebut tidak berguna sama sekali karena makanan tidak akan sampai ke sana pada saat kita mengunyah. Bahkan sering menimbulkan penyakit karena kita sering sering melupakan gigi bungsu tersebut pada saat sikat gigi dimana sikat gigi kita tidak masuk sampai kedalam.






9) APPENDIX  atau usus bungsu
Appendix atau usus bungsu masih menjadi tanda tanya besar. Yang sering terjadi malah menjadi sumber penyakit. Dimana kalau kita terkena penyakit usus buntu, maka kita akan menderita penyakit perut terus-terusan sehingga usus ini harus diangkat. Dan setelah diangkat, anehnya yang punya merasa tak kehilangan tuch...Selain dirasa tidak berguna, ini juga bisa menjadi sumber penyakit. Jadi kalau begitu, buat apa...?






CATATAN : Semua ciptaan Tuhan tak mungkin tak ada gunanya ataupun tak ada fungsinya. Itu semua hanyalah dugaan sementara. Yang pasti, Tuhan tak mungkin menciptakannya, jika itu tak ada gunanya. Hanya saja kita belum mengetahuinya atau belum menyadarinya.

Firman Tuhan dalam suroh Ali Imron ayat 191
     Robbanaa maa kholaqta Haadjaa baathilan
artinya.....Wahai tuhan kami...! tak ada yang kau ciptakan dengan sia-sia....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar