Rabu, 04 Agustus 2010

INFO KESEHATAN. 10 Makanan Beracun Yang Sering Kita Makan

    Banyak dari kita yang tak tahu kandungan yang ada pada makanan yang sering kita konsumsi, padahal banyak sekali makanan yang mengandung zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan kita. Nah berikut ini akan dibahas hal-hal menarik seputar makanan yang mengandung racun tetapi sering kita makan. Mereka adalah :

1) TOMAT
Banyak diantara kita yang tak tahu ternyata tomat beracun. Walau buah tomatnya sendiri tidak beracun, tetapi daun dan ranting tanaman tomat mengandung glycoalkaloid yang bisa mengakibatkan gugup dan sakit perut. Daun dan ranting tomat bisa digunakan untuk memasak tetapi tidak bisa dimakan. Glycoalkaloid ini adalah racun yang kuat yang bahkan digunakan untuk mengontrol pes.











2) APEL

Apel sangat terkenal sebagai buah yang enak dan sehat, tetapi tahukah anda bahwa apel mengandung cyanide / slanida, walaupun hanya dalam jumlah yang sedikit. Kandungan slanida ini terdapat dalam biji apel. Walaupun memakan semua biji yang ada dalam 1 apel tdak akan mematikan, tetapi itu adalah hal yang harus dijauhi. Kenapa ?...karena bila anda memakannya dalam jumlah tertentu, bisa mengakibatkan kompikasi.



3) CHERI
Cheri adalah buah yang bisa dimakan paling bervariasi. Bisa dimakan mentah, dibakar, dijadikan manisan atau bahkan di dalam minuman keras. Walaupun cheri terkenal sangat enak, buah ini mengandung racun slanida. Kalau pip cheri terkunyah atau hancur, ia akan mengeluarkan hidrogen slanida. Keracunan hidrogen slanida dalam dosis kecil akan mengakibatkan pusing, kebingungan dan muntah. sedangkan jika keracunan dalam dosis yang besar bisa mengakibatkan kesulitan bernapas, kenaikan tekanan darah dan detak jantung, bahkan bisa berakibat gagal ginjal yang mengakibatkan komadan bahkan kematian akibat gangguan saluran pernapasan.





4) ALMOND
Walaupun orang-orang menyebutnya kacang almond, tetapi sebenarnya ia adalah biji-bijian, yang sangat terkenal di dunia. Seperti halnya apel, almond juga mengandung slanida. Almond ini sangat beracun bila tidak diproses di panas yang benar, untuk mengeluarkan racunnya. Di banyak negara, almond ini dilarang dijual sebelum dikeluarkan racun slanida darinya.




5) KENTANG
 Pasti kalian semua sudah pernah mendengar bahkan memakan yang namanya kentang. Nah, yang mungkin belum kalian dengar adalah bahwa kentang ini beracun. Ranting, daun bahkan kentangnya sendiri beracun. Coba kalian perhatikan kentang lebih dekat, kemungkinan besar akan terlihat warna agak kehijau-hijauan. Itu disebabkan oleh racun glycoalkaloid. Dalam sejarah, kematian akibat kentang pernah terjadi, yah walaupun jarang.
Kebanyakan adalah karena meminum teh daun kentang atau memakan kentang yang kehijau-hijauan. Kematian ini tidak datang secara cepat dan mendadak, tetapi biasanya korbannya akan menjadi lemas dan kemudian jatuh koma. Oleh sebab itu, janganlah mengkonsumsi kentang yang mempunyai bulatan seperti bola mata hijau, kulit kehijau-hijauan atau yang telah berakar. Buanglah kentang-kentang tersebut dari pada menyajikannya.

6) CABE

Sepertinya tak ada seorang pun diantara kita yang belum pernah memakan cabe. Apapun jenis cabe tersebut ( cabe rawit, kriting dll ) mengandung bahan kimia yang disebut capsaicin. Capsaicin inilah yang membuat cabe menjadi pedas. Kimia ini sangatlah keras, yang mana bisa digunakan untuk menghilangkan cat, bahkan bisa digunakan sebagai "papper spray" yang bisa membutakan mata. Bila capsaicin ini dimakan dalam jumlah tertentu, bisa mengakibatkan kematian.



7) KACANG MONYET
Seperti halnya almond, kacang monyet juga sebenarnya bukan kacang melainkan adalah biji-bijian. Pada saat anda membeli kacang monyet yang mentah, sebenarnya kacang tersebut sudah tidak mentah tetapi sudah dikukus terlebih dahulu. Ini dikarenakan kacang tersebut mengandung racun urushiol yang harus dikukus dulu supaya hilang racunnya. Keracunan kacang monyet ini sangat jarang terjadi, tetapi orang-orang  yang bekerja di pabrik untuk memisahkan kacang monyet dari kulitnya kadang mengalami efek samping yang disebabkan oleh racun urushiol.

8) JAMUR
ada sekitar 5000 jenis jamur, 100 diantaranya beracun dan kurang dari selusin adalah jamur yang mematikan. Secara umum, jamur bisa menyebabkan gangguan gas dalam pencernaan usus bagi yang alergi terhadapnya. Karena banyaknya jenis jamur yang ada di dunia, sangatlah susah untuk mengetahinya secara persis yang mana yang beracun. Pada dasarnya, jamur yang tumbuh secara liar, lebih mungkin beracun. Salah satu jenis jamur yang paling beracun adalah "alpha-amanitin" yang dapat merusak lever.



9) PUFFERFISH
Ikan pufferfish adalah vetebrata paling beracun kedua. Orang korea dan jepang paling suka memakan ikan ini. Banyak yang tidak tahu bahwa lever dari ikan ini sangatlah beracun dan mematikan. Racun tersebut dikenal dengan nama tetrodotoxin yang bisa menyebabkan darah tinggi, mati rasa dan paralysis urat yang bisa menyebabkan kegagalan dalam bernapas dan bahkan bisa juga mengakibatkan kematian.






10) CASSAVA (yuca) atau singkong
Mungkin tidak banyak dari kita yang tahu makanan ini. Cassaya banyak ditemukan di Karibean dan Amerika Selatan. Cassva ini bisa dimakan manis atau pun pahit. Makanan ini mengandung cyanegonic  glocosides yang ternyata sangat beracun. Dari baunya, cassava bisa mengusir serangga bahkan juga binatang, dan kalau tidak diproses secara benar akan mengakibatkan kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar